Jaksa Agung Dua Kali Lolos Reshuffle, Langkah Jokowi Dipertanyakan

Rabu, 27 Juli 2016 - 17:26 WIB
Jaksa Agung Dua Kali Lolos Reshuffle, Langkah Jokowi Dipertanyakan
Jaksa Agung Dua Kali Lolos Reshuffle, Langkah Jokowi Dipertanyakan
A A A
JAKARTA - Amannya posisi Jaksa Agung HM Prasetyo dalam perombakan (reshuffle) kabinet yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang tadi, mendapat perhatian khusus dari kalangan pengamat peradilan.

Koordinator Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) Choky Ramadhan mengaku janggal dengan langkah Jokowi yang tidak mereshuffle HM Prasetyo. Meski tidak dipungkiri, Jaksa Agung HM Prasetyo berasal dari salah satu partai pendukung Jokowi dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 lalu.

"Dua kali reshuffle, posisi jaksa agung (HM Prasetyo) selalu aman. Padahal tolak ukur mempertahankan dan mengganti seharusnya juga dari kinerja," ujar Choky kepada Sindonews, Rabu (27/7/2016).

Menurut catatan MaPPI, Jaksa Agung HM Prasetyo merupakan salah satu pembantu presiden yang tidak memiliki prestasi gemilang selama menjabat. Kinerja kejaksaan dalam periode kepemimpinan Prasetyo, lanjut Choky, juga tercoreng dengan kasus dugaan korupsi jaksa di Kejati Jawa Barat dan Kejati DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Choky juga menyinggung kejaksaan yang hingga kini belum melaporkan laporan tahunan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Korps Adhyaksa.

"Dari sisi HAM, eksekusi hukuman mati mencapai belasan, juga tanpa problem. Patut dipertanyakan mengapa sektor hukum aman dari reshuffle," ucap Choky.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7521 seconds (0.1#10.140)